Minggu, 03 Juli 2011

Mampu Berkomunikasi dengan Baik


Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang pemimpin dituntut untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya berkomunikasi dengan baik. Hal ini sangat penting karena tanpa komunikasi yang baik dalam menyampaikan visi, strategi, tujuan dan pesan yang jelas, para pengikut tidak akan pernah tau apa yang diinginkan oleh pemimpinnya.

Satu hal juga yang harus diketahui oleh seorang pemimpin adalah mengenal para bawahannya dengan baik. Dengan demikian, ia bisa menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan kemampuan dan kesiapan sehingga efektif dan hasilnya optimal, serta tidak terkesan arogan dan otoriter.

Kemampuan berkomunikasi yang baik (Verbal dan non - Verbal) sangat penting demi kepemimpinan yang efektif. Karena tanpa itu maka seorang pemimpin akan berjalan sendirian dan ditinggalkan oleh para pengikutnya.

Seorang pemimpin harus menyampaikan pesannya dengan jelas, tegas, sopan serta mampu memotivasi orang untuk bergerak, bukan seperti bos yang cenderung memberikan perintah.Ia juga dituntut untuk membuat sesuatu yang kompleks menjadi lebih sederhana atau simple. Bukan membuat yang simple menjadi kompleks.

Seorang pemimpin juga harus mengetahui bahwa dalam menghadapi kelompok atau individu yang berbeda, kadang - kadang membutuhkan gaya pendekatan yang berbeda dan juga cara komunikasi yang berbeda.

Ada 4 tipe orang yang juga bisa kita bedakan.
  1. Directing, untuk bawahan yang tidak mampu dan tidak ingin.
  2. Coaching, untuk bawahan yang tidak mampu tetapi mau.
  3. Supporting, untuk bawahan yang mampu tetapi tidak mau.
  4. Delegating, untuk bawahan yang mampu dan bau.
Untuk itu seorang pemimpin harus mengenal bawahannya secara kematangan, emosional, kecakapan, kemauan ataupun kesediaannya. Dengan demikian, ia bisa menggunakan komunikasi dan pendekatan yang tepat. Tidak memukul rata semua individu dan juga kelompok. Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda, maka, kita juga memerlukan cara komunikasi dan pendekatan yang berbeda.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons