Sabtu, 02 Juli 2011

Mempunyai Visi dan Cita – Cita yang Tinggi


Seorang pemimpin yang cakap haru yang mempunyai cita – cita yang tinggi dan juga visi yang jelas. Dengan adanya target dan juga tujuan yang dipahami dengan baik, ia tidak akan pernah ragu – ragu dalam melangkah.
Idealnya visi dari seorang pemimpin harus memberikan nilai lebih, berkualitas, bermanfaat dan membawa perubahan.

Dengan kemauan, konsistensinya dan juga komitmen terhadap tujuan yang akan dicapai akan menjadikan seseorang sebagai pemimpin yang cakap dan sukses.

Seorang pemimpin, sebagai “Penjual Harapan”, harus bisa menggalang dan meyakinkan orang – orang yang berada dalam kepemimpinannya untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh sebab itu, ia harus memiliki cita – cita yang tinggi, ia harus mempunyai mimpi yang besar dan juga visi yang jauh ke depan.


Ia harus bisa melihat dan membayangkan lebih jauh dari apa yang bisa dilihat dan dipikirkan orang lain agar bisa melangkah kesana sebelum menjadi kenyataan.

Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana seorang pemimpin mengkomunikasikan visi kepada para pengikutnya dan menjadikannya visi bersama. Pemimpin harus menyampaikannya secara jelas, menggunakan istilah – istilah yang mudah dipahami. Ia juga perlu member inspirasi dan memotivasi mereka, dan meyakinkan mereka bahwa visi tersebut bisa di capai.

Visi selain memberikan arah, ia juga sebagai api unggun yang akan selalu membakar semangat dan memotivasi para pengikutnya. Jadi, mulailah kepemimpinan Anda dengan visi yang jelas.

Ambisi atau cita – cita yang menggebu – gebu sering menjadi salah satu key success factor. Ia bisa memicu seseorang untuk bertindak menggunakan semua kemampuan yang dimilikinya. Hanya sekedar cita – cita memang tidak cukup untuk menghantarkan seseorang untuk menjadi sukses. Ia perlu memvisualisasikan secara jelas dan mengambil langkah konkret.

Sebagai seorang pemimpin, ia harus selalu berada di depan, menuntun, dan memfokuskan para pengikutnya ke sasaran. Ia bagaikan peta yang memberikan arah, bukan berada di belakang meja dan memberikan perintah atau instruksi.

Inilah yang membedakan antara seorang pemimpin dengan seorang bos.
Bos menyuruh orang untuk mengerjakan sesuatu atau menyuruh seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan seorang pemimpin adalah penunjuk jalan serta mengilhami, meyakinkan, dan membuat mereka memiliki kemauan serta semangat untuk mencapai tujuan bersama.

Untuk mencapai kesuksesan kita juga harus berani untuk berpikir besar dan optimis karena dengan begitu akan memberikan keberanian dan dorongan untuk terus bertindak. Agar tujuan lebih terfokus visualisasikan apa yang ingin Anda capai sesering mungkin.

Semakin tinggi intensitasnya maka semakin focus dan jelas arahnya. Hal itu bisa memberikan motivasi kepada kita semua untuk mewujudkannya. Memvisualisasikan keuntungan apa yang akan didapat dan kenikmatan apa yang akan kita peroleh bila kita berhasil mencapai cita cita tersebut.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons