Kamis, 25 Agustus 2011

Mampu Memberdayakan Teamnya


Seorang pemimpin harus sanggup memberdayakan orang – orang yang berada dibawah kepemimpinannya. Seperti pendelegasian dan penugasan yang tepat. Namun demikian, ia harus tetap bertanggung jawab secara keseluruhan. Selain itu, ia juga harus dapat mempengaruhi orang – orang menuju prestasi dan potensi maksimal yang mereka dalam menggapai sasaran dan juga tujuan bersama. Dengan demikian, ia bisa menghasilkan team yang berkinerja tinggi.

Ingat! Kesuksesan dan Kegagalan sebuah organisasi mana pun terletak pada kepemimpinannya. Dan kepemimpinan yang sukses bukanlah karya individu, tetapi kemampuan seorang pemimpin mendayagunakan potensi orang – orang secara optimal.

Napoleon Hill pernah menuliskan, tidak ada orang yang sukses karena usahanya sendiri. Mereka berhasil karena dibantu orang – orang yang lebih hebat, berbakat, dan ahli dalam bidangnya.
Bahkan Bong Chandra pun menyatakan. Masa depan Anda ditentukan dengan siapa Anda bergaul dan apa yang Anda baca.

Saya pernah membaca sebuah tulisan yang menyatakan. “Pemimpin yang hebat adalah seorang pemimpin yang sanggup membuat / menciptakan seseorang lebih hebat atau setidaknya sama seperti dirinya.” Alias pemimpin yang hebat menciptakan pemimpin baru lagi.

Tidak peduli sebaik apapun seorang pemimpin, ia tidak bisa melakukan semuanya seorang diri. Ia perlu berhubungan dan menyelesaikan segala sesuatu melalui tindakan bersama dengan timnya. Karena dengan bekerja sama, melibatkan dan memanfaatkan potensi tim, seorang pemimpin bisa memobilisasi kekuatan, bisa mengumpulkan dan menyerap pendapat, solusi, serta kearifan.

Bahkan Zhuge Liang yang terkenak pandai di jamannya pun mengutamakan diskusi bersama untuk menemukan sebuah solusi.
Jadi maksimalkan potensi team yang Anda miliki sekarang.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons