Kamis, 25 Agustus 2011

Mampu Membina Hubungan Baik


Kemampuan menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan orang lain, apakah itu atasan, bawahan dan juga partner yang setingkat adalah keharusan yang tidak terelakan bagi pemimpin yang ingin meraih kesuksesan.

Sejarah telah membuktikan bahwa pemimpin yang sukses adalah mereka yang bisa membina hubungan dengan orang – orang lain dan mendapatkan dukungan dari mereka. Dalam pergaulan mereka mampu menciptakan hubungan yang seimbang (saling bergantung / membutuhkan), empati, mengembangkan sikap kebersamaan (tidak membedakan latar belakang keluarga budaya, dan lainnya) dan saling memperhatikan, menghargai dan menghormati.

Hubungan yang baik dan perhatian dari seorang pemimpin kepada bawahannya akan membuat bawahan loyal. Mereka bersedia berkorban dan menembus rintangan apapun untuk pemimpinnya. (Zhuge Liang dan Liu Bei)

Itu sebabnya banyak sekali para pebisnis dari China, dalam berbisnis atau dalam hubungan apapun selalu diawali dengan mentraktir makan terlebih dahulu. Karena dari sana mereka bisa menjadi lebih akrab antara satu dengan yang lain dan membina hubungan yang lebih dekat lagi. Hubungan baik inilah yang kedepannya dapat memperlancar hubungan bisnis mereka.

Bahkan menurut Dale Carnegie, kesuksesan finansial seseorang 15% ditentukan oleh ilmu pengetahuan dan juga keahlian yang dimilikinya. Sedangkan 85% disumbangkan oleh hubungan baik ataupun dari orang – orang yang ada disekitarnya.

Dan menurut William James, kebutuhan paling dasar dari setiap insan manusia adalah di hargai. Lebih lanjut ia pun mengatakan, siapa yang bisa menghargai orang lain, bisa memenuhi kebutuhan hatinya, ia bisa merangkul orang – orang tersebut kedalam genggamannya.

The most important single ingredient to the formula of success is knowing how to get along with people – Theodore Roosevelt

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons