Kamis, 25 Agustus 2011

Mampu Menjadi Pendengar yang Baik


Walaupun seorang pemimpin banyak bicara, ia harus lebih banyak mendengarkan dan menjadi pendengat yang baik. Ia harus selalu membuka telinga, pikiran, dan juga hati untuk mendengarkan nasihat, keinginan, keluhan, protes, atau kritikan yang mungkin datang dari semua pihak.

Keberhasilan seorang pemimpin sangat tergantung kepada kemampuan dan kesediaannya untuk mendengarkan, menyerap dan menganalisis serta mengevaluasi semua masukan dan juga aspirasi. Kemudian dengan segenap kemampuan dan pengalamannya, ia dituntut untuk mengambil tindakan tebaik bagi organisasi dan orang – orang yang dipimpinnya.

Ingat! Tuhan memberi kita satu mulut dan dua telinga. Artinya kita harus lebih banyak mendengarkan daripada banyak bicara.

Seorang pemimpin harus lebih banyak melihat dan juga mendengar dari semua pihak, bukan hanya dari segelintir pembisik atau orang – orang yang ada disekitarnya. Dengan demikian ia bisa lebih menyelami dan mempelajari masalah dan juga orang – orang yang ada disekitarnya. Menemukan berbagai macam persoalan dan menyelesaikannya secara bijak.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons